Minggu, 25 Oktober 2015

KELINCI SCABIES ATAU GUDIK?

DISCLAIMER:
Pertama, saya bukan dokter hewan. Saya sangat merekomendasikan jika hewan sakit/kesehatannya terganggu dibawa ke dokter hewan yang lebih profesional.
Kedua, hewan adalah makhluk hidup. Sudah selayaknya mereka diperlakukan selayaknya mahkluk hidup.
Ketiga, penanganan yang saya lakukan di blog ini semata2 karena ketidakterjangkauan dokter hewan di kampung saya. Saya melakukan sesuai dosis dan anjuran yang tertera di obat.
Terakhir, selamat membaca.. :)

Kelinci yang sehat, imut dan menggemaskan [sumber]
Bagi para penghobi kelinci, terutama saya, punya kelinci yang gesit dan sehat dengan bulu yang lebat dan bersih adalah idaman semua penghobi. Kelinci memang memiliki daya tarik sendiri di mata para penghobi. Selain jinak, mudah perawatannya dan nggak rewel serta imut dan menggemaskan, adalah satu dari sekian alasan untuk memelihara kelinci sekedar untuk mengisi waktu kosong atau kejenuhan setelah bekerja atau beraktifitas.
Tetapi, bagaimana jika kelinci kita sakit? nafsu makan menjadi berkurang dan akhirnya mati? duh pastinya sedih! Namanya juga binatang, tidak bisa mengurus ke dokter sendirian jika sudah mulai ada gejala sakit. haha. Berbicara kelinci yang sakit, salah satu penyakit yang sering dijumpai para penghobi adalah penyakit Scabies atau Gudik. Yap, kali ini saya akan membahas mengenai penyakit satu ini yang kadang membuat jengkel penghobi. Terutama saya, sebulan yang lalu, 2 kelinci saya mati sia-sia karena penyakit ini.



PENGALAMAN
Awalnya saya memelihara 3 ekor kelinci, jenis Flemish Giant sepasang, 1 ekor anggora betina. Ketiga kelinci saya tempatkan di kandang yang cukup besar. Keadaan kelinci sehat dan tidak ada tanda-tanda penyakit. Saya beli di Pasar Babian Kota Probolinggo dengan harga 150rb. Karena ada urusan, saya tinggal ke Surabaya selama sebulan. Yang mengurus adik saya, hanya dikasih makan kangkung saja. Waktu kembali, saya menemui kelinci saya mati jenis FG betina. Setelah saya lihat ternyata dia kena kutu scabies. Dua kelinci yang lain juga mengalami hal yang sama. Akhirnya saya beli 1 ekor betina lagi dengan harga 50rb. Sialnya, saya tidak tahu kalau penyakit ini menular, saran saya segera pisahkan kelinci yang terkena scabies dengan yang sehat. Jadilah ketiga kelinci saya kena scabies semua. Dan sialnya lagi, kelinci jenis FG jantan mengikuti jejak pasangannya, alias mati. Kelinci tinggal 2, dan akhirnya saya beli jantan lagi 1 dengan harga 60rb. Saya kira, cukup diberi salep scabimiet di apotik yang harganya lumayan mahal, sekitar 45rb. Tapi tidak mempan. Akhirnya saya searching di internet dan menemukan artikel yang bermafaat dan saya praktekkan. Alhamdulillah, ketiga kelinci saya sehat semua sekarang. Ini dia penjelasan singkat tentang informasi yang saya dapatkan di internet.
Almarhum :(

Apa itu SCABIES atau GUDIK?
Tungau scabies biasa disebut Sarcoptes Scabiei. Ia berkembang biak dengan cara bertelur. Penyebaran scabies bisa dari mana saja, dari hewan lain, dari manusia dan yang paling sering adalah dari rumput lapangan. Pada penelitian laboratorium, artinya pada kondisi kering dan suhu kamar (antara 26-31 derajat Celsius), Tungau scabies hanya bisa bertahan 2-3 hari saja. Akan tetapi itu pada kondisi “suhu kamar”. Jika pada kondisi suhu dingin, dan lembab maka dia akan dapat hidup lebih lama. Itulah sebabnya mengapa selalu disarankan alas kandang sebaiknya dalam kondisi kering dan bersih, karena kalau basah dan lembab , disitulah tungau tungau itu bersemayam dan selalu siap untuk melakukan serangan kekelinci kita. Tungau dewasa akan bertelur dengan meletakkan diterowongan- terowongan yg bahasa kerennya molting pouches yang bentuknya bisa lurus ataupun zigzag dan berliku-liku. Telur-telur ini akan menetas menjadi larva dalam waktu 3 sampai 4 hari saja. Larva akan berkembang menjadi nimfa atau tungau muda, dan nimfa berkembang menjadi tungau dewasa. Dari larva sampai menjadi tungau dewasa dibutuhkan waktu 10 sampai 17 hari. Setelah menjadi dewasa tungau-tungau ini akan kawin dan bertelur kembali. Kelinci yang terjangkit gudik akan sering menggaruk bagian yang terjangkit (pada umumnya kuping, kaki, hidung kelinci) sampai bagian tersebut luka bahkan robek dan kelinci yang terjangkit penyakit ini lama-lama akan jadi semakin kurus dan akhirnya berujung kematian
Hidung, kaki, telinga dan mata menjadi sasaran penyakit ini [sumber gambar]

Kutu Scabies [sumber gambar]

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Scabies atau Gudik?
Scabies atau gudik memang tidak bisa dianggap remeh. Berdasarkan pengalaman saya diatas, penyakit ini tergolong serius dan butuh penanganan secara cepat dan tepat. Ada beberapa solusi untuk mengatasi scabies atau gudik. Pemberian oli, minyak tanah dan sejenisnya merupakan pengobatan yang ekstrim dan kalau bisa dihindari karena membahayakan jika tertelan oleh si kelinci yang suka menjilat bagian tubuhnya. Pemberian salep, berdasarkan pengalaman yang saya tulis diatas, pemberian salep tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kesembuhan kelinci. Pemberian salep akan merepotkan kita karena bulu kelinci yang tebal, terutama anggora sehingga bisa jadi tidak merata dalam pemberiannya. Jika penyakit cukup parah, pemberian salep akan dikhawatirkan tidak efektif karena jangkauan yang terbatas, tidak sampai membutuh larva atau telur dari scabies yang mana telur-telur ini bersembunyi dibawah kulit. Pemberian salep efektif jika penyakit masih belum parah dan dilakukan sesering mungkin. Injeksi, salah satu cara membasmi scabies yang cukup ampuh terutama penyakit sudah cukup parah seperti kasus saya. Salah satu obat injeksi yang saya gunakan adalah WORMECTIN. Wormectin Injeksi adalah sediaan yang efektif membasmi nematoda dan ektoparasit seperti tungau, kutu, caplak dan insekta lainnya. Wormectin Injeksi mengandung senyawa kimia yang dihasilkan oleh Streptomyces avermitilis melalui proses fermentasi. Senyawa ini memiliki aktivitas sebagai antelmintik yang bekerja dengan cara menghambat penerimaan impuls saraf oleh sel saraf lain atau sel otot. Akibatnya, nematoda atau ektoparasit mengalami paralisisdan akhirnya mati. Penggunaan wormectin dalam dosis yang dianjurkan memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena tidak mempengaruhi sel saraf pada mamalia. Karena sedang butuh penanganan cepat, akhirnya saya searching dimana saya mendapatkan ini obat, karena di apotek tidak ada, dan di tempat saya tinggal tidak ada toko hewan, jadi saya pesan online. Akhirnya 2 hari obat sudah sampai ditangan dengan harga 25rb untuk 5ml berikut alat suntiknya ukuran 1ml. Berbekal informasi dari internett, akhirnya bak seorang dokter hewan saya suntikkan ketiga kelinci saya. Pemberian wormectin injeksi mrupakan penyuntikan subkutan atau dibawah kulit, tidak boleh mengenai daging. Gampang kok, tinggal tarik aja punggung kelinci yang mana kulitnya akan terangkat sekian cm, kemudian suntikkan searah kepala kelinci. Awalnya saya kira gagal, karena menurut informasi obat ini bereaksi 3-4 hari. Tapi ternyata baru hari ke-lima akan terlihat hasilnya. Koreng atau borok kering yang merupakan tempat scabie berkembang biak mulai mengering dan rontok. Awalnya saya menyuntikkan setiap hari selama 2 hari, setelah itu saya jeda 3 hari karena telur-telur scabies akan menetas 3-4 hari sehingga dapat dipastikan telur begitu menetas akan langsung mati. Dosisnya 0,02ml setiap 1kg berat kelinci. Kelinci saya beratnya 3kg-an, saya kasih 0,06ml setiap suntik. Terakhir untuk memastikan tidak ada sisa telur, seminggu setelahnya saya suntik sekali lagi. Alhamdulillah, kelinci saya sehat kembali dan sisa-sisa korengan dapat terlihat dengan rontoknya bulu hingga ke bagian kulit. Selalu sediakan WORMECTIN untuk jaga-jaga apabila membutuhkannya.
Peralatan menyuntik, alkohol, kapas, alat suntik dan wormectin

Perhatikan posisi menyuntik, tidak boleh terkena daging! [sumber]

AGAR KELINCI TIDAK TERKENA SCABIES LAGI 
Untuk mengatasi agar kelinci kita tidak terkena SCABIES/GUDIK lagi, yang pertama kita perhatikan adalah kebersihan kandang, kandang harus selalu dalam kondisi bersih dan kering, sirkulasi udara lancar agar tempat tidak lembab mengingat scabies hidup ditempat yang lembab. Untuk Pemberian rumput sebaiknya dilayukan dulu dan tidak ditaruh dilantai begitu saja karena akan jadi kotor akan lebih baik lagi pake PELET karena dengan pakan pelet kandangpun jadi bersih, tidak kotor dan bisa menghindari terkena penularan gudik dari rumput, alas kandang sebaiknya di desain jaraknya agar kotoran kelinci bisa jatuh langsung kebawah, karena kalau kotorannya tidak bisa langsung jatuh kebawah menyebabkan tempat kotor dan disitulah jadi tempat hidup scabies dan kotoran itu sering keinjak kelinci walhasil kelincipun terkena scabies/GUDIK lagi. Dan bila terlihat ada indikasi awal dari scabies pada kelinci kita sebaiknya segera kita lakukan pengobatan sebelum menular.  Berikut ciri ciri kelinci terkena penyakit scabies
a. Tiba-tiba hidung si kelinci terlihat tambah mancung
b. Ada benda aneh yang menutupi kaki yang terasa keras seperti kerak, berwarna putih
c. Kelinci terlihat sering menggaruk garuk kaki dan wajahnya
d. Nafsu makan kelinci berkurang karena lebih sering menggaruk
e. Di sekitar mulut dan hidung ada bintik bintik kuning seperti borok

Nah, itu dia gaes pengalaman saya menangani penyakit scabies. Semoga bermanfaat ya :)

diolah dari:
[1] http://caberawitt.blogspot.co.id/2013/03/hati-hati-penyakit-scabies-pada-kelinci.html
[2]https://kelincikuimut.wordpress.com/2012/03/12/wormectin-sangat-ampuh-menyembuhkan-penyakit-kelinci/
[3] http://onekelinci.com/scabies-atau-gudik/ 

Anggoraku sudah pulih, terlihat dihidungnya bekas scabies yag sudah rontok

Telinga sudah bersih dari scabies!


Bekas hidung yang terkena scabies, perlahan mulai tumbuh bulu lagi
sehat dan gemuk!

Leyeh-leyeh habis makan :3

Ganteng kan gue? hihi

UPDATE ANAK2 MEREKA
Sebagian udah dikasihkan ke tetangga dan temen2. bayangin aja, sekali melahirkan bisa 4-6 anak, ku tak sanggup banyak2 haha tapi mereka luccuuuu...















132 komentar:

  1. Halo...
    Itu disuntik butuh berapa hari untuk rontoknya?
    Saya soalnya pakai yang oral.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallooo, terimakasih sudah mampir ke blog ane :)

      biasanya 3-5 hari sudah mulai mengering dan hari ke 7 sudah rontok sendiri.. pakai oral obat apa jenisnya?

      Hapus
    2. Man nnya donk reaksi yg terjdi sm klinci stlh d sntik gmn y??!!kmren nyoba nyuntik sndri tp gk tau msuk k daging tw gk cm klncinya ko jdi ngantuk gthu apa itu nrmal tw mlh salah sntik??!!

      Hapus
    3. Kalo boleh tau obatnya apa ya, kelinci saya skrg sdh termasuk parah sekali dan ga mau makan, yg 1 nya kemaren udah mati

      Hapus
    4. reaksi kelinci setelah suntik biasanya suka garuk2 dibagian punggung yang disuntik. nafsu makan akan sedikit berkurang, namun setelah 1-2 hari akan normal lagi sih.

      Kalau parah mending dibawa ke dokter hewan deh mas biar segera ditangani dengan tepat. semoga cepat sembuh ya

      Hapus
    5. scabies sudah sembuh, tapi kelinci saya sangat kurus. supaya bisa gemuk & sehat lagi dikasih apa ya. mohon saran'nya 🙏

      Hapus
    6. Assalamualaikum.. Kak kelinci saya kan sudah saya suntik pake wormectin, nah caranya supaya tau kalau scabiesnya udah kering gimana? Trus itu nanti rontok sendiri atau kita yang bersihin (dicukilin/diklintek i(jawa))

      Hapus
    7. haloo kak, aku ada kelinci 1 tapi kena scabies dari teman-temannya. Aku belum ngerti cara suntiknya jadi aku berencana bawa ke klinik hewan. Apakah suntik scabies itu harus beberapa kali ya kak?

      Hapus
  2. Mas mau nanya, kan saya punya 3 kelinci. Yang 1 flemish giant. 1 dutch. Dan 1 lagi anggora lop. Nah, anggora lop ini baru saya beli di lembang, pas saya h menyisir bulunya. Ada kutu gitu besar. Makanya saya juga heran, kenapa nafsu makannya turun dan sering garuk garuk. Kelinci saya umurnya 2 bulanan. Nah, saya juga sempat nanyain ke si penjualnya kalo kelinci itu gak boleh dimandiin. Tapi saya nekat ngemandiin soalnya udah gak tahan lagi liat kutunya. Saya mandiin tuh kelinci pake shampoo. Habisnya dia diem terus karena kedinginan. Saya handukin. Setelah bulunya kering, tuh kelinci telinganya satu ke atas dan satu kebawahm terus saya juga liat ada kutu gitu. Sama saya diambil. Dan anehnya kenapa masij ada kutu padahal udah dimandiin?

    Pertanyaan:
    1. Kenapa telinga kelinci saya satu keatas dan satu kebawah
    2. Kenapa masih ada kutu padahal udah dimandiin dan kandangnya juga rutin dibersihkan. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak kalau saya boleh saran, kelinci tidak boleh dimandikan basah. Apalagi peralatan kita di rmh tidak memadai. Kalaupun memang diharuskan mandi bisa ke grooming atau konsul dulu ke dokter hewan. Karena kalau kelincinya ga kuat, mandi bisa menyebabkan kematian pada kelinci. Saya pernah mandiin kelinci saya dan setelah itu saya sangat menyesal saat tau kalo kelinci ga boleh mandi basah. Alhamdulillah, kelinci saya sampai skrg masih bertahan.

      Hapus
    2. betul, harus hati2 dalam memandikan kelinci karena bulunya susah dikeringkan. bisa2 ntar jamuran dan bikin kelinci flu, sakit dan menyebabkan kematian. lebih baiknya konsul ke dokter hewan dulu :)

      Hapus
  3. Mas mau nanya, kan saya punya 3 kelinci. Yang 1 flemish giant. 1 dutch. Dan 1 lagi anggora lop. Nah, anggora lop ini baru saya beli di lembang, pas saya h menyisir bulunya. Ada kutu gitu besar. Makanya saya juga heran, kenapa nafsu makannya turun dan sering garuk garuk. Kelinci saya umurnya 2 bulanan. Nah, saya juga sempat nanyain ke si penjualnya kalo kelinci itu gak boleh dimandiin. Tapi saya nekat ngemandiin soalnya udah gak tahan lagi liat kutunya. Saya mandiin tuh kelinci pake shampoo. Habisnya dia diem terus karena kedinginan. Saya handukin. Setelah bulunya kering, tuh kelinci telinganya satu ke atas dan satu kebawahm terus saya juga liat ada kutu gitu. Sama saya diambil. Dan anehnya kenapa masij ada kutu padahal udah dimandiin?

    Pertanyaan:
    1. Kenapa telinga kelinci saya satu keatas dan satu kebawah
    2. Kenapa masih ada kutu padahal udah dimandiin dan kandangnya juga rutin dibersihkan. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak saya baru balas, baru tau ternyata ada komentar.
      saya bukan dokter hewan atau pakar kelinci lho mbak, tapi saya mencoba menjawab dan memberi solusi.

      1. kenapa telinga kelinci saya satu keatas dan satu kebawah?

      sepengetahuan saya, kelinci anggora lop yang tidak disilangkan murni dari sesama lop, hasil anakannya ada yang lop (atau turun kebawah) semua/dua-duanya, atau bisa salah satu saja yang turun, kanan atau kiri. satunya keatas. Sama kayak kelinci saya yg kayak digambar, setengah lop . Dan itu biasanya diketahui setelah 3-4 bulanan bentuk telinganya.
      Nah kalau memang dari ras anggora lop murni, ada kemungkinan cidera telinga karena pemegangan yang tidak benar. maksudnya untuk megang kelinci jangan ditarik telinganya, tetapi badannya yang digendong.

      2. Kenapa masih ada kutu padahal udah dimandiin dan kandangnya juga rutin dibersihkan?
      Salah satu penyebab kelinci kutuan itu adalah kebersihan kandang. kandang tidak hanya dibersihkan dengan disemprot dengan air saja, tetapi harus pakai larutan kimia, misal wipol, wpc atau sejenisnya. Lakukan seminggu 2x. Ohya bentuk kandang juga mempengaruhi maksudnya kandangnya harus berlubang agar kotoran dan pipis kelinci langsung turun kebawah. karena biasanya kelinci jika pipis dan buang kotoran pada 1 titik saja.
      Nah coba perhatikan cara mandinya. Mandi kelinci jangan terlalu sering jika tidak terlalu perlu (kecuali kalau mau ikut kontes sih). Samphoo yang digunakan juga harus yang mengandung sulfur atau minimal ada kandungan miconazol. Atau kalau mau alamai sih aku biasanya pakai larutan lemon yang disemprot ke badan kelinci/kucing. Perhatikan juga kalau mandi harus benar-benar kering, kalau bisa pakai kanebo dan di hair dryer, dan dijemur setiap pagi lebih baik. Sisir pakai sisir yang digunakan untuk kucing typenya flea comb yang agak renggang kemudian bisa di finish pakai slicker brush.
      Tips terakhir adalah dengan memangkas bulu anggora. ini cukup efektif menghilangkan kutu, dan di suntik pakai wormectin untuk membunuh telur-telur nya..

      Semoga membantu, apabila ada tambahan monggo. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasinya, dan cukup simple kok asalkan kita rutin aja.. :)

      Hapus
    2. kak kalau mau mangkas bulu kelinci anggoranya boleh sampai ke kulitnya?

      Hapus
    3. kak kalau mau mangkas bulu kelinci anggoranya boleh sampai ke kulitnya?

      Hapus
  4. Hallo kak, saya punya kelinci jenis fg & kelinci saya ini terkena scebies. Menurut kk kalau scebies pada kelinci lebih baik pakai oral/ suntik? Nama oralnya kepromec..
    Mohon solusinya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kak, salam kenal. Saya belum pernah nyoba untuk kepromec oral. saya hanya pernah mencoba pakai wormectin. Perbandingan keampuhannya saya kurang tau benar ya kak. Lihat kelincinya dulu kak, apa dia mau makan/minum makanan/minuman yang dicampur dg obat oral, biasanya agak susah juga memberi obat pake oral pada kelinci. Tapi kalau pake suntik, harus benar-benar hati2, tidak boleh sampai mengenai daging, intinya harus ahli menyuntik, karena kalau tidak bisa berakibat fatal. Untuk keefektifannya setelah saya baca beberapa artikel, dua-duanya sangat ampuh mengatasi scabies. Jadi terserah mau pake cara apa, yang penting kelincinya sehat :)

      Hapus
  5. Kelinci saya kakinya udah kena scabies,dan setiap hari kotorannya di buang,pernah saya kasih salep dari apotik tidak mempan,lalu saya beli yang salep khusus scabies di pet shop,kira2 ampuh gak ya?,please jawabannya

    BalasHapus
  6. Kandang selalu bersih,bahkan kelinci mandi 2 minggu sekali,kira2 umur 5 bulan,itu penyebabnya kenapa ya bisa terkena scabies

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelemahan dari salep adalah dia bekerja hanya di permukaan saja mas/mbak. sedangkan menurut tulisan saya diatas, scabies itu telurnya sampai di bawah permukaan kulit, artinya salep tidak bisa bekerja secara efektif untuk kasus yang demikian. Salah satu jalannya adalah pake oral atau suntik. Tapi kalau suntik harus benar-benar hati2, tidak boleh kena dagingnya, karena bisa fatal. amannya pake oral, pake merk kepromec. monggo pilih yang mana.

      Untuk kelinci maupun kucing yang kena scabies, sebaiknya tidak dimandikan dulu, itu akan memperparah keadaan, karena scabies biasanya suka yang lembab, terlebih kalau pengeringan tidak sempurna. Lebih baik dijemur setiap pagi. Kandang bersih tidak menjamin kelinci bebas scabies, bisa tertular juga dari kelinci yang lain (mending pisahkan dg kelinci yang kena scabies), atau kelembaban udara jadi salah satu penyebabnya.

      Mungkin itu yang bisa saya sharing Mbak/MAs, semoga membantu :)

      Hapus
  7. Kelinci boleh dijemur? Berapa lama Dan durasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok mas, asal jangan lama2 takut dehidrasi. Jam 7-8 pagi waktu yang baik untuk dijemur :)

      Hapus
  8. Kak berarti yg putih2 di kaki hidung sm telinga itu sarang kutu ya ? Misalkan kalo dibersihkan bisa sembuh ndak ? Kelinci saya sya mandikanxterus saya keringkan. Yg putih2 itu pas saya cuci saya sikat biar rontok.. Habis kering aku kasih lidah buaya sama salep kadang minyak kayu putih.. Yg dihidung senbuh tp yg di kaki sulit sembuh.. Sy gak bisa nyuntik 😭

    BalasHapus
  9. Kak berarti yg putih2 di kaki hidung sm telinga itu sarang kutu ya ? Misalkan kalo dibersihkan bisa sembuh ndak ? Kelinci saya sya mandikanxterus saya keringkan. Yg putih2 itu pas saya cuci saya sikat biar rontok.. Habis kering aku kasih lidah buaya sama salep kadang minyak kayu putih.. Yg dihidung senbuh tp yg di kaki sulit sembuh.. Sy gak bisa nyuntik 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang putih2 itu kerak kak, semacam kulit yang ngelupas dan ngegumpal.. sarangnya ada di bawah kulit. Kalau bisa jangan dimandiin kak, dijemur aja, dibersiin, trus dikasih salep. lebih mudahnya pake salep 88 deh (saya belum nyoba, tapi pernah nyoba ke kucing dan sembuh walaupun agak lama dan harus teratur)..

      Hapus
  10. Mas mau tanya untuk membeli wormectin itu dimana ya? Terima kasih

    BalasHapus
  11. belinya saya di toko online mbak, coba cari di bukalapak banyaak kok

    BalasHapus
  12. Terima kasih at as infonya
    Saya memiliki 2 ekor kelinci
    Satu betina dan satunya lagi jangan
    Nah,kelinci betina saya sepertinya terkena scabies Karna memiliki ciri-ciri yang sama.Awalnya saya mengira itu hanya biasa tetapi saya salah, sekarang kelinci sudah parah penyakitnya
    Saya menemukan web ini
    Dan saya mencoba memberi minyak tanah tetapi kelinci saya menjerit dan kabur akhirnya saya mengejarnya.
    Tetapi esoknya kerak yang dikakinya mulai rontok
    Tetapi hiding dan kupingnya tidak
    Tapi besok harinya lagi kelinci saya masih tidak nafsu makan dan ternyata kerak dikakinya masih ada sedikit akhirnya saya kasih sedikit minyak tanah
    Besok harinya kelinci saya mencret dimana mana akhirnya saya mandikan air hangat dengan sedikit sabun
    Bagaimana Cara saya agar kelinci saya kembali sehat seperti dulu?
    Saya membaca bahwa anda memberikan suntikan
    Tetapi saya kurang yakin dengan menyuntik sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemberian oli, minyak tanah dan sejenisnya merupakan pengobatan yang ekstrim dan kalau bisa dihindari karena membahayakan jika tertelan oleh si kelinci yang suka menjilat bagian tubuhnya. Pemberian salep, berdasarkan pengalaman yang saya tulis diatas, pemberian salep tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kesembuhan kelinci. Pemberian salep akan merepotkan kita karena bulu kelinci yang tebal, terutama anggora sehingga bisa jadi tidak merata dalam pemberiannya. Jika penyakit cukup parah, pemberian salep akan dikhawatirkan tidak efektif karena jangkauan yang terbatas, tidak sampai membunuh larva atau telur dari scabies yang mana telur-telur ini bersembunyi dibawah kulit. Pemberian salep efektif jika penyakit masih belum parah dan dilakukan sesering mungkin. Injeksi, salah satu cara membasmi scabies yang cukup ampuh terutama penyakit sudah cukup parah seperti kasus saya. Kalau tidak yakin suntik sendiri, mending bawa ke dokter hewan aja kak lebih aman. Sebenernya gak bahaya kok suntik sendiri asal benar aja pakai feeling. jangan dimandikan dulu kak, karna akan memperparah keadaan. kalau bisa dijemur aja jam 7-8 pagi. Begitu kiranya, maaf lama balasnya :)

      Hapus
    2. ka mau nanya saya punya kelinci 1 sakitnya sma kena scabies juga saya liat diytb menghilanglan scabies pake minyak dan garam setiap hari saya rutin memakai itu tp knpa ga sembuh' ya kasian klinci saya garuk' trrus

      Hapus
    3. ya karena penyakit scabies bukan penyakit kulit permukaan, itu penyakit sampai ke lapisan bawah permukaan kulit.

      Hapus
  13. Wormectin itu ada efek sampingnya gak mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang paham Mas efek sampingnya apa karna di kemasan tidak dicantumkan efek samping. tapi berdasarkan artikel yang saya baca di https://tanyadokterhewan.com/2017/04/14/bolehkah-suntik-jamur-untuk-kucing-dan-anjing-ini-bahayanya/ wormectin kalau tidak sesuai dosis bisa keracunan hingga kerusakan sistem syaraf. Tapi pengalaman saya masih aman aja mas tidak ada efek samping sampai kematian atau bagaimana selama dosis yang diberikan sesuai anjuran.

      Hapus
  14. Mau nanya ne, kelinci saya sekarang sudah di suntik apa beleh, besok nya lagi di suntik lagi, atau nunggu beberapa hari lagi atau gmna.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat disuntikan di bawah kulit diatas daging (sub-kutan). Tidak mengenai daging. Hewan tidak akan merasa kesakitan.
      Dosis :
      Anjing, Kucing, Kelinci : 0,02 ml setiap 1 kg berat badan per hari.

      Contohnya :
      Agan punya kucing beratnya 2 Kg. Maka dosis yang tepat adalah :
      2 Kg x 0,02ml = 0,04 ml penyuntikan dilakukan setiap hari.
      Sampai sembuh.
      Jika penyakit masih biasa saja (belum parah) kemungkinan sembuh bersih sekitar 5-7 hari.

      Cara Menyuntik
      Disuntikkan dibawah kulit, tidak mengenai daging.
      Caranya kulit seperti dicubit, tetapi yang tebal. Kemudian disuntikkan dibagian yang dicubit. Suntikan tidak terlalu dalam, hanya dibawah kulit. Hewan tidak merasa sakit.

      Hapus
    2. Tidak salah dengar apa saya ya...masa disuntik tiap hari.obat suntik itu disuntik 2 minggu sekali

      Hapus
    3. Mohon maaf, petunjuk penggunaannya memang seperti itu, asalkan dosis dan pemakaian sesuai ya masih aman. tapi emang lebih meyakinkan dibawa ke dokter hewan aja sih, Pak..

      Hapus
    4. Mas mau tanya,kalo minyak cengkeh bisa mengatasi scabies ngga ya??

      Hapus
  15. Kelinci saya yang anggora skg sedang menderita scabies di sekitar ujung telinga. Saya sudah kasih salep, mau bawa ke dokter tapi sabtu nanti ada event buat pet, dan gratis. Haruskah saya bawa ke dokter hewan agar di tangani lebih cepat atau tunggu saja sampai hari minggu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ditunda ke dokter karna berdasarkan pengalaman saya, kematian karna scabies hanya dalam hitungan hari. semoga cepat sembuh ya..

      Hapus
    2. Tp.saya trauma Mas dulu pnh saya bawa je Vet ..disuntik.drh nya lalu plg tambah mati..gmn itu

      Hapus
  16. Kelinvi saya sdg menderita scabies dan mata sebelah kirinya jadi tertutup seperti daging/apalah gitu. Cara menyebuhkan matanya gimana ya?mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah parah mending dibawa ke dokter hewan saja mbak. semoga cepat sembuh ya kelincinya

      Hapus
  17. Kelinci saya kuping nya lama lama makin berkurang gitu kaya luka bintik2 coklat merah gitu kenapa ya? Tolong bantu😭 dan cara mengatasi nya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dibawa ke dokter hewan. usahakan agar tidak lembab, kebersihan kandangnya juga dijaga. semoga lekas sembuh :)

      Hapus
  18. Untuk beli obat wormekstin di mna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan beli di toko hewan atau di online shop. banyak kok :)

      Hapus
  19. Bang kemarin kan saya habis nyuntik kelinci trus suntikan nya masih bisa dipake apa langsung di buang yah bang. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya pakai ulang sih, tapi dibersihkan dulu pakai alkohol suntikannya

      Hapus
  20. Rekomendasi dong makanan buat Kelinci itu apa aja yang baik ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayuran seperti wortel, kangkung, sawi (tapi biasanya dilayukan dulu supaya gak mencret). rumput2an juga kelinci suka. sesekali saya pernah kasih ampas tahu, doyan dan bikin cepet gemuk. tapi ampasnya dijemur dulu biar gak terlalu basah. pelet juga bisa kak.

      Hapus
  21. Apakah ampas tahu bagus buat perkembangan kelinci? Kalau memang iya gimana cara buatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekomendasi makanan buat kelinci yang baik adalah: Rumput. Karena Kelinci adalah hewan herbivora. Selain rumput bisa diberi sayuran, tapi sayuran yang sudah dilayukan. Wortel juga kesukaan kelinci.
      Ada juga makanan dryfood (makanan kering) yang dijual di petshop kalau mau yang lebih praktis.
      Ampas tahu bagus juga, kelinciku juga doyan makan ampas tahu, dan gemuk2. Caranya dijemur dulu agak kering biar tidak kembung perutnya. Intinya dikurangi kadar airnya.
      Bisa juga dicampur dengan sedikit larutan EM4 khusus ternak supaya cepet gemuk dan lahap makan.
      Semoga membantu..

      Hapus
  22. Selamat sore mas kelinci saya kena scabies dikaki nya saya sudah kasih obat oral sudah ada perkembangan sich mas sudah mulai nafsu makan, saya mau tanya mas jark kaki nya seperti besar gt kan ya mas, bisa kembali normal kah mas ? Dan klu iya berapa lama ya mas normal nya ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore gan. sebaiknya dibawa ke dokter kalau memang kelincinya berharga. tindakan pertama, PISAHKAN dengan kelinci lainnya. ITU PENTING SEKALI. karena scabies ini sifatnya menular.

      Hapus
  23. Selamat pagi. Saya mau cerita, awalnya saya punya kelinci jantan 1 jenis Fuzzy Lop udh 1 tahun lebih. Tiba2 pas pulang kerja ada 1 lagi kelinci betina besar badannya tapi gak punya telinga. Pas saya lihat ternyata hidung, kaki, sampai mata udh kena scabies. Saya gak tahu kalau kelinci saya yg sehat harus dipisah, pas ada saran harus dipisah saya bingung karena kandang cuma satu. Ibu saya jg ngeyel gak mau sekat kandangnya karena beranggapan bakal sembuh sendiri. Ehhh kemarin saya cek telinga kelinci fuzzy lop saya bagian ujungnya udh kering2 aja T_T kelinci saya jg agak kurusan dan murung terus.
    Tolong kasih saran beli WORMECTIN dimana yg anda beli, soalnya cari di online takut salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli online di shoopee atau bukalapak juga banyak mbak.
      coba lihat rating dan komentarnya, jika positif bisa dibeli.
      cukup murah kok mbak..

      semoga kelincinya lekas sembuh.
      dan sebaiknya dipisahkan.. jangan sampai terlambat.

      Hapus
  24. kak mau tanya kalo saya kasihnya kebanyakan gimana ya ? soalnya salah baca timbangan tadi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya kasih makan yg cukup banyak mbak, dan jangan dulu dikasih obat lagi

      semoga sehat dan cepat sembuh kelincinya

      Hapus
  25. Kak saya mau nanya saya punya kelinci di bagian kuping di kulitnya kaya sedikit rusak gitu terus ada hitam"nya itu kalo misalnya dipakein kaya minyak tawon,salep,atau minyak kelapa dan bawang merah kira" bisa sembuh ya kak soalnya baru banget kak blom parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera pisahkan jika punya kelinci yang lain yang masih sehat.

      Minyak VCO lebih saya sarankan daripada bawang merah.

      Hapus
    2. Saya kasih minyak kelapa kak tapi kira" kalo masih blom parah bisa sembuh ga ya? Soalnya saya ga berani nyuntikinnya nyuntiknya saya kuga udh bersihin kandang terus setiap hari

      Hapus
    3. jangan kasih minyak kelapa, membuat semakin lembab dan makin parah.

      lebih baik pake salep 88 yang ada antibakterinya. bersihkan dulu pake alkohol.

      Hapus
    4. Kupingnya dibersihkan dulu pake alkohol? Baru di olesin pake salep 88?

      Hapus
  26. Oke terimakasih banyak ya kak untuk sekarang Karna blom parah bisa dicegah minum obat yg untuk penyakit scabies ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asalkan kandangnya bersih dan usahakan makanan dilayukan dulu inshaAllah aman.
      Jauhkan dari kelinci yang sudah terjangkit scabies.

      Hapus
  27. Saya mau nanya,saya punya kelinci anggora,terkena penyakit scabies juga,dibangian kaki dan ujung2 telinganya,lalu saya bawa ke dokter hewan dan di suntik,lalu setelah disuntik dia jadi tambah garuk2,sampai kakinya merah,dan bulu kakinya jadi rontok/tipis.tetapi setelah saya lihat kerak2 scabies di kakinya jadi hilang,cuma kakinya jadi merah dan dia garuk2 terus.apakah itu berbahaya?yang tau bisa tolong bantu jawab ya hehe

    BalasHapus
  28. Saya mau nanya,saya punya kelinci anggora,terkena penyakit scabies juga,dibangian kaki dan ujung2 telinganya,lalu saya bawa ke dokter hewan dan di suntik,lalu setelah disuntik dia jadi tambah garuk2,sampai kakinya merah,dan bulu kakinya jadi rontok/tipis.tetapi setelah saya lihat kerak2 scabies di kakinya jadi hilang,cuma kakinya jadi merah dan dia garuk2 terus.apakah itu berbahaya?yang tau bisa tolong bantu jawab ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. metode suntik kalau cuman sekali bisa kurang efektif juga mbak, bisa jadi harus berulang, tergantung tingkat keparahan scabies.
      kalau merah2 wajar sih karena itu bekas dari scabies, kalau digaruk2 terus mungkin itu masih belum tuntas scabiesnya.
      sebaiknya dikonsultasikan lagi ke dokter hewannya mbak.
      semoga segera sembuh..

      Hapus
  29. Bang, Kalo kelinci aku tuh telinga pinggirnya kyk ad yg keras2 gitu. Kalo diraba terasa.. Apa itu salah satu ciri awal scabies bang? Terus kalo kita guntingin bulu2 panjang di kaki/tangany untuk dibersihin gitu gapapa kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bisa jadi scabies, bisa jadi jamur.

      boleh dong, apalagi bulu2 yang gimbal rawan untuk bersarang penyakit.

      Hapus
  30. Mas bedanya scabies sama jamur apa?������

    BalasHapus
  31. Perbedaan gejala scabies sama jamur mas, soalnya kelinci saya ditelinganya di ujungnya kalo diraba kayak keras2 gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jamur biasanya bentuknya lingkaran2 dan berwarna gelap di kulit. kalau scabies ada kerak/kulit yang mengeras. keduanya gejalanya sama, bikin kelinci garuk2

      Hapus
  32. Halo mas, saya mau tanya, kelinci saya cwe umur 4,5bln di bagian punggungnya ada luka merah kering ukurannya se kuku jari telunjuk sama ada kyk kulitnya kuning mau ngelupas, terus di cakarnya jg merah sm keliatan kering gitu, kondisi kyk gitu apa termasuk scabies? Dan kandang tiap hari dibersihkan cuma wktu dikeluarin dia emg suka gali2 tanah tiduran di tanah, nafsu makannya baik, dia jg aktif. Nah yg luka dipunggung itu sy bingung,memang scabies atau bekas gigitan kelinci yg cwo,krn pas kawin gitu yg cwo suka gigit di area itu. Tolong bantu solusinya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia suka garuk2 punggung yg luka itu gak kak? kalau nggak sepertinya itu bukan scabies, cuma luka yg mungkin dikarenakan gigitan sama jantan. kalau kelinci umur 4,5bln belum saatnya kawin kak.
      Kelinci emang secara naluri akan gali2 tanah untuk membuat "rumah". Itu sudah lumrah, bahkan kelinci saya pernah gali2 tembok sampe lubang.
      kalau kakak ragu, periksakan ke dokter hewan terdekat. disana akan dilakukan penanganan yg tepat.
      semoga lekas sembuh kelincinya :)

      Hapus
    2. Kyknya ga pernah liat dia garuk2 sih, ooh jadi gitu. Aamiin, terimakasih banyak mas buat masukannyaa 😊

      Hapus
  33. kelinci anggora saya jg kena scabies trs kan saya suntik ya trs kata dokternya tunggu 1-2minggu tp malah makin parah gt knp yaa:(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dimandiin, dan usahakan harus kering kandangnya, jangan basah/lembab, akan semakin memperparah keadaan. coba setiap pagi dijemur. dan coba hubungi dokter hewan yang menangani. semoga lekas sembuh ya kak

      Hapus
  34. Halo kak.. Saya punya kelinci anggora..kakinya seperti korengan kak kulitnya kering di sekitaran kukunya.. Jdi bnyak bulu yang hilang dstu ,dya itu suka gibas2in kakinya truss di jilat saya gak tau dya merasa gatal atau sakit..kira2 kelinci saya sakit apa ya kak.. Mnta saran pengobatannya ya kak ..makasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jamur atau scabies. coba kasih minyak vco kalau punya. atau kalau nggak ya suntik wormectin sesuai dosis ya. dan lebih aman cari dokter hewan. semoga lekas sembuh kelincinya..
      jangan dicampur dulu ya sama kelinci yg lain, isolasi dulu. ntar takutnya nular..

      Hapus
  35. kalo.masih ringan .setiap brp kali suntik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali aja bisa sih, coba konsul dulu ke dokter hewan terdekat kak :)

      Hapus
  36. Kira kira butuh brp kali suntik ya? Punya mas nya brp kali suntik ya klo blh tau? Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya menyuntikkan setiap hari selama 2 hari, setelah itu saya jeda 3 hari karena telur-telur scabies akan menetas 3-4 hari sehingga dapat dipastikan telur begitu menetas akan langsung mati, Dosisnya 0,02ml setiap 1kg berat kelinci. Kelinci saya beratnya 3kg-an, saya kasih 0,06ml setiap suntik.

      Hapus
  37. Kira kira butuh brp kali suntik ya? Punya mas nya brp kali suntik ya klo blh tau? Makasi

    BalasHapus
  38. Punyaku udah d suntik 2 kali belum sembuh jga. Masih ada bintik merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya menyuntikkan setiap hari selama 2 hari, setelah itu saya jeda 3 hari karena telur-telur scabies akan menetas 3-4 hari sehingga dapat dipastikan telur begitu menetas akan langsung mati, Dosisnya 0,02ml setiap 1kg berat kelinci. Kelinci saya beratnya 3kg-an, saya kasih 0,06ml setiap suntik.

      Hapus
  39. Min tadi saya suntik pake wormectin sesuia dosis dan kelincinya jg tenang pas disuntik . Tapi setelah disuntik jadi agak menghindar dari saya . Apa emg ada efek spt itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman biasanya suka garuk2 dipunggung yang disuntik, sama nafsu makan sedikit berkurang. tapi cuma 1-2 hari setelahnya udah normal lagi. Agak menghindar mungkin salah satu efek sampingnya juga, mungkin. selama nafsu makan dan gerak geriknya normal sih oke2 aja mbak..

      Hapus
  40. Wormectin apa khusus injeksi.?
    Mau aq suntik tp gagal terus, apa bisa wormectin diminum kan saja.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, wormectin khusus injeksi. TIDAK BOLEH DIMINUM ya kawan2..

      Hapus
  41. Wormectin disuntik berapa kali ya rentang waktunya dan untuk dosisnya Kelinci saya bobot 3 kg lebih jenis rex .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya menyuntikkan setiap hari selama 2 hari, setelah itu saya jeda 3 hari karena telur-telur scabies akan menetas 3-4 hari sehingga dapat dipastikan telur begitu menetas akan langsung mati. Dosisnya 0,02ml setiap 1kg berat kelinci. Kelinci saya beratnya 3kg-an, saya kasih 0,06ml setiap suntik. Terakhir untuk memastikan tidak ada sisa telur, seminggu setelahnya saya suntik sekali lagi. Alhamdulillah, kelinci saya sehat kembali dan sisa-sisa korengan dapat terlihat dengan rontoknya bulu hingga ke bagian kulit. Selalu sediakan WORMECTIN untuk jaga-jaga apabila membutuhkannya.

      Hapus
  42. Wormectin disuntik berapa kali ya rentang waktunya dan untuk dosisnya Kelinci saya bobot 3 kg lebih jenis rex .

    BalasHapus
  43. Pak..kelinci yg warna kuning emas yg di foto in itujenis apa ya pak...lucu bngt

    BalasHapus
  44. Kelinci yg di foto di atas warna kuning emas jenis apa ya pak...lucu bngt

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang foto atas sendiri itu saya ambil di google kak, kalau yg paling bawah (anakan kelinci saya). Jenisnya flemish giant kayaknya..

      Hapus
  45. Okee makasih gan atas infonya ...

    BalasHapus
  46. Mas kelinci saya kena scabies betina abis melahirkan dan masih menyusui anaknya, apa tidak masalah bila di suntik wormectin

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh mending jangan mas. lebih amannya mas bisa menanyakan ke dokter hewan terdekat

      Hapus
  47. Kelinci saya garuk garuk Mulu & ga mau makan itu bahaya ga? Trus tdi saya sudah kasih obat penafsu makan tapi tetep ga mau makan 😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. hewan apapun kalau gak mau makan itu berbahaya kak.. segera periksa ke dokter kak untuk mengetahui jenis penyakit dan penangannnya.. semoga lekas sembuh :)

      Hapus
  48. Kak mau tanya kelinci saya telinganya itu kayak ada penebalan kulit terus pas saya bersihkan keluar kayak darah gitu merah" tapi ya besok atau lusa sembuh tapi selalu ada lagi. Ga luas sih luka gitunya. Nah hari ini kedua kelinci saya sama" rontok bulunya. Itu kena tungau apa moting aja ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka digaruk sama kelincinya gak mbak? kalau nggak mah pengin kawin aja kelincinya.

      Hapus
  49. Kak itu olshop nya kakak namanya apa ya buat beli obatnya itu? Apa udah sepaket sama suntikan dan alkohol atau engga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tokopedia, bukalapak dll banyak kok mbak, tinggal search aja "Wormectin". biasanya sepaket sama suntikan, kalau alkohol bisa beli sendiri mbak

      Hapus
  50. Saya beri 2 kelinci saya yg kena Scabbies uda 3 bln ini dgn minyak ban leng ( krn aman dijilat ) & mmg rontok scabbiesnya...kelinci yg satunya uda sembuh bersih telinganya ... hidungnya jg uda bersih & tumbuh bulu...cmn ada sisa dikit. Pdhl dia yg bawa scabbiesnya awaknya. Kelinci yg satunya yg msh ada turunan rec telinganya msh blm sembuh benar. ( Apa benar jenis kelinci ada yg cpt sembuh ada yg lama ) .. Saya pgn cb Kepromec oral & Wormectin cmn msh takut2 pdhl uda beli. Sbb trauma dulu kelinci saya disuntik dokter lgsg mati bsknya. Gmn nh ada yg sembuh kah Teman2 yg Pake Kepromac Oral ? Hbs diberi itu gmn reaksi kelincinya ..normal / susah makan dll .& Pemberian Minyak Ban Leng / Tawon itu apa bs menyembuhkan total ( tp terbukti Banleng bs merontokkan scabbiesnya yg tebal itu lho ).Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kelinci yang ras jangan coba2 sendiri mbak, mending bawa ke dokter. tapi kalau kelinci yang kayak diatas biasanya lebih kuat dan bisa diobati sendiri sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

      Hapus
  51. terimakasih telah membagikan pengalaman nya kak, sangat bermanfaat🙏 saya ingin memberikan saran, makanan utama kelinci bukan kangkung. kangkung dan wortel tidak disarankan sebagai makanan utama kelinci. makanan utamanya adalah pelet kelinci. ini hal dasar yang masih banyak orang-orang tidak tau. mungkin saja, penyebab kematian kelinci kakak yg pertama selain scabies, karena pemberian pakan yg salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saran yang berguna sekali. memang benar sebaiknya kelinci jangan diasupi kangkung/wortel melulu. apalagi kangkung yang baru dibeli. harusnya sih dilayukan dulu. terima kasih mbak atas sarannya.

      Hapus
  52. Mas saya mau tanya mas
    Selain di suntik apakah ada cara lain saya tidak tegaan kalau menyuntik binatang mas apakah ada cara lain
    Dan saya melihat di online shop ada yang jual obat scabies kelinci itu yang di semprot mas, apakah itu aman buat si kelinci kalau aman cara memakainya bagai mana mas soalnya scabies kelinci saya sudah tersebar di daerah kuping, hidung, area sekitar mulut dan juga kaki mas itu bagaimana ya mas
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. scabies itu areanya dibawah kulit mbak. kalau disemprot/dioles biasanya kurang efektif karena tidak membunuh sampe lapisan kulit (yang mungkin banyak telurnya disana).
      saran saya mah, mending dibawa ke dokter atau yang punya pengalaman menyuntik :)

      Hapus
  53. Kelinci saya tadinya scabies agak parah.. setetelah 1 bulan rutin saya kasih minyak tawon, sekarang sudah membaik... Tetapi dia sekarang sering menggaruk bagian kaki... Terutama kaki depan.. apakah scabies nya belum sembuh total ? dan bagaimana mengatasinya mohon solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bos.emang minyak tawon teruji..tp kejadian yang saya alami..rontok di kaki tp si scabies itu ganti di area ekor...menjalar.

      Hapus
    2. iya betul. minyak oles selain cukup berbahaya karena bisa dijilat kelinci, kinerja minyak oles cuma sekitar permukaan, tidak sampai ke bawah kulit. sedangkan scabies itu telur2nya sampe ke bawah kulit.

      Hapus
  54. Mau tanya..anak an umur 1 bulan apa aman di suntik wormectin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak dianjurkan disuntik ya untuk anakan usia 1 bulan, karena masih kecil dan beratnya masih kurang dari 1 kg

      Hapus
  55. Mau tanya, kelinci saya terkena scabies sudah tumbuh bulu tipis namun disekitar bulu barunya ada putih2 seperti ketombe ka apakah itu scabies juga atau tahap sembuhnya seperti itu? Lalu mata kelinci sebelah kirinya merah, sperti ada daging gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahap sembuhnya itu kulitnya jadi botak (mulus), gak ada keraknya. kayak difoto itu mbak. itu juga saya bantu nyabutin sih yang udah kering2.
      kalau muncul putih2 dan dimata nya merah kayak daging saya kurang tau ya mbak itu apa.

      Hapus
  56. saya memandikan nya dengan air PK dan merontokan kerak kerak di telinga dengan membasuh dengan air PK tapi itu menjadi luka apakah itu aman,lalu apakah tindakan saya selanjut nya,mohon info nya

    BalasHapus
  57. Untuk membuat resep masakan korea gochujang ini dapat menggunakan cabai bubuk lokal atau cabai korea. Jika menggunakan cabai bubuk korea warnanya akan jauh lebih merah dan jika menggunakan cabai lokal warnanya tidak secerah cabai korea tapi rasanya lebih mantap.
    Cara Membuat Pakan Alternatif Ayam Broiler ciri ciri kelinci sakit Ufa Bunga SMartphone

    BalasHapus
  58. Kak ... Apakah bulu2 kelinci yg rontok setelah kena scabies bisa tumbuh lebat lagi seperti semula ? Jenis kelinci saya fuzzy lop .. sdh parah scabiesnya namun sudah saya bawa ke dokter hewan untuk disuntik .. dan disuruh balik lagi 2 minggu lagi .. kenapa jaraknya 2 minggu lagi yah .. kalau seminggu aja boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo kak, makasih sudah mampir. Bantu jawab sepengetahuan dan sepengalaman saya ya kak.
      1. Area yang rontok karena bekas scabies, secara perlahan akan tumbuh bulu lagi, namun gak selebat sebelumnya.
      2. kenapa jaraknya 2 minggu? karena dosis atau reaksi dari obat suntiknya kak. mungkin obat suntik yang diberikan butuh waktu 2 minggu untuk membasmi telur2 scabies. kalau ke dokter hewan, minta no hp nya dan konsultasikan biasanya dg senang hati akan membantu.
      Semoga kelincinya sehat selalu kak..

      Hapus